Gubernur Lampung Luncurkan Program Kartu Petani Berjaya di Kabupaten Mesuji

“Ajak seluruh Stakeholder Perkuat Sinergi dalam Mengimplementasikan Kartu Petani Berjaya di Provinsi Lampung”

PAMUNGKAS INDONESIA. ID, LAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meluncurkan Program Kartu Petani Berjaya (KPB) untuk diimplementasikan di Kabupaten Mesuji. Peluncuran dilaksanakan di GSG Taman Kahati, Mesuji, Kamis (27/10/2022).

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal mengapresiasi Pejabat (Pj) Bupati Mesuji Sulpakar, karena Program KPB telah dilaksanakan di Kabupaten Mesuji. Dan mengajak seluruh stakeholder memperkuat sinergi dalam mengimplementasikan KPB di wilayah Provinsi Lampung.

“Saya mengapresiasi kepada Pejabat Bupati Mesuji Sulpakar atas terselenggaranya acara ini yang merupakan bukti bahwa Program Kartu Petani Berjaya (KPB) telah dilaksanakan di Kabupaten Mesuji,” ujar Gubernur Arinal.

Visi Provinsi Lampung adalah Rakyat Lampung Berjaya, dengan salah satu program unggulan untuk mendorong kesejahteraan petani melalui Program Kartu Petani Berjaya.

“Saya menginisiasi Program KPB dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui kemudahan perolehan sarana produksi pertanian, akses permodalan, pembinaan manajemen usaha, penanganan panen dan pasca panen, serta pemasaran hasil usaha pertanian,” ujarnya.

Program KPB juga memberikan jaminan sosial seperti asuransi usaha petani lansia, asuransi BPU (Bukan Penerima Upah) dan beasiswa bagi anak petani anggota KPB yang berprestasi pada Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Bandar Lampung.

Seperti diketahui, progres pelaksanaan Program KPB hingga saat ini yaitu Transaksi penebusan pupuk Rp. 12,8 Milyar; Realisasi penyaluran KUR melalui Program KPB sebesar 371,7 M (10.041 debitur); Realisasi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) 11.882 Ha;
Kemudian, Asuransi Usaha Tani Sapi/Kerbau; 2.500 ekor; Asuransi Petani Lansia 1.176 Petani; Asuransi BPJS Ketenagakerjaan 1000 pekebun; Asuransi Nelayan Berjaya 1.450 orang; dan Pemberian Beasiswa; bagi 100 Mahasiswa Unila dan 122 Mahasiswa Polinela.

Gubernur Arinal menyebutkan bahwa Pelaksanaan Program Kartu Petani Berjaya telah mendapat berbagai apresiasi dari pemerintah pusat. Hal ini terbukti Lampung berhasil meraih Penghargaan Provinsi Terbaik dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Pertanian pada TPAKD Award 2021, juga mendapat Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah 2021.

Selain itu juga mendapat Peringkat Pertama Penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021 yang diserahkan Wakil Presiden RI, sebagai Provinsi Terbaik dalam Peningkatan Produksi Padi Tahun 2019-2020 dan pada tanggal 17 Agustus 2022 juga telah mendapat penghargaan dari Menteri Pertanian RI atas prestasi sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Pendukung Pelaksanaan Program Asuransi Pertanian.

Atas capaian-capaian tersebut, Gubernur Arinal mengatakan bahwa hal ini perlu terus ditingkatkan. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh stakeholder yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama memperkuat sinergi dan kerjasama untuk mengoptimalkan implementasi Program KPB di Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal menjelaskan Program Kartu Petani Berjaya berkembang sedemikian pesat hingga saat ini pengembangan aplikasi Kartu Petani Berjaya berbasis elektronik (e-KPB) saling terhubung dan berbagi pakai dengan sistem lainnya yang ada pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Provinsi Lampung yaitu Smart Village dan Sistem Informasi Kependudukan (Disdukcapil).

Pada Launching KPB tersebut, Gubernur Arinal turut mengalokasikan bantuan untuk Kabupaten Mesuji di sektor Tanaman pangan, Peternakan, Perkebunan, Kelautan dan Perikanan, Sosial, Pendidikan, Kesehatan, dan sektor lainnya. (PI/*)

BACA JUGA:  504 Warga Bandar Lampung Donor Darah di Lampung Begawi 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *