Marindo Beberkan Pencapaian Kabupaten Pringsewu, Angka Kemiskinan dan Pengangguran Turun

Pj. Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan saat memberikan sambutan acara paripurna HUT Kabupaten Pringsewu

LAMPUNG, PAMUNGKAS INDONESIA.ID – Pj Bupati Pringsewu Dr Marindo Kurniawan memaparkan pencapaian daerah dalam Rapat Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Pringsewu ke 15,Selasa 2 April 2024.

Setidaknya ada tiga Indikator pencapaian yang telah diraih Kabupaten Pringsewu dalam kurun waktu 15 tahun.

Dari ketiga indikator tersebut, capaiannya adalah :

1. Indeks Daya Saing Daerah Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 sebesar 3,15 atau Kategori Tinggi;

2. Angka Kemiskinan Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 sebesar 9, 13 lebih rendah dibanding Provinsi Lampung, yaitu sebesar 9,14%;

3. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pringsewu Tahun 2023 sebesar 73,11 di atas IPM Provinsi Lampung; dan

4. Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Tahun 2023 sebesar 4,23 persen, turun sebesar 0,30 persen poin dibandingkan dengan Tahun 2022.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa pemerintahan dan pembangunan ibarat dua sisi dari satu mata uang yang sama. Artinya bahwa tujuan utama dari sebuah

pemerintahan adalah menyelenggarakan pembangunan, begitu juga pembangunan tidak bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang yang kuat,” ujarnya.

Sesuai dengan tema yang diusung Tahun ini “ Semakin Tumbuh, Bergerak, Berkembang Dan Unggul”. Untuk itu, Pj Bupati Pringsewu Dr Marindo mengajak semua yang hadir agar terus melanjutkan sinergi guna terus berkarya, berinovasi dan membangun potensi diri guna mendukung pembangunan di Kabupaten Pringsewu.

“Mari kita bersama-sama mensukseskan hajat kita bersama tersebut, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi kita masing-masing, agar dapat berjalan aman, lancar dan kondusif. Mengingat kondisi wilayah yang aman dan kondusif merupakan salah satu modal utama dalam rangka melaksanakan pembangunan berkelanjutan,” katanya.

Marindo melanjutkan, tanpa terasa telah 15 tahun, Kabupaten Pringsewu berdiri sebagai salah satu daerah otonom di Provinsi Lampung mulai banyak perubahan yang terjadi, melalui berbagai program pembangunan yang secara khusus dirancang untuk mempercepat perkembangan dan kemajuan Kabupaten Pringsewu di segala bidang, yang kesemuanya bermuara pada satu tujuan, yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pringsewu.

BACA JUGA:  Pj. Bupati Pringsewu Lantik Sudarsih Sebagai Kepala Disdukcapil

“Sesuai dengan cita-cita dan tujuan awal pembentukan Kabupaten Pringsewu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan dan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik di Kabupaten Pringsewu adalah berkah dari Allah Subhanahu Wata’ala, Tuhan Yang Maha Esa, dan tentunya dengan sumbangsih dan sinergitas kita bersama,” beber Kepala BPKAD Provinsi Lampung itu. (Bay/*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *