LAMPUNG,PAMUNGKASINDONESIA.ID – Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Lampung mengikuti pelatihan SEO Website dan Konvergensi Media Sosial di Tempo Institute, Jakarta, pada Kamis (13/2/2025). Pelatihan ini dihadiri oleh 15 pengurus AMSI serta pemilik media di Lampung dengan tujuan meningkatkan kualitas website dan strategi konten agar lebih menarik bagi masyarakat.
Redaktur Utama Tempo.co, Juli Hantoro, menyoroti tantangan besar yang dihadapi media lokal dalam era digital, terutama dalam mengoptimalkan situs mereka agar lebih cepat, mobile-friendly, dan memiliki struktur data yang baik.
“Banyak media lokal belum mengoptimalkan kecepatan situs, tampilan responsif untuk ponsel, serta struktur data yang baik. Selain itu, tim yang kecil dan keterbatasan keterampilan digital menjadi tantangan tersendiri,” ujarnya saat menyampaikan materi di Gedung Tempo.
Menurut Juli, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) juga memengaruhi keberlanjutan media lokal di tengah persaingan dengan media nasional. Kurangnya trafik organik dan jangkauan pembaca menjadi kendala utama yang harus diatasi.
“Salah satu strategi SEO yang bisa diterapkan adalah dengan mengoptimalkan kata kunci lokal atau tren di wilayah tertentu, seperti ‘Berita terbaru di Lampung’, ‘Banjir terkini di Lampung’, atau ‘Cuaca Lampung pagi ini’,” jelasnya.
Selain itu, website juga harus dirancang agar ramah terhadap ponsel pintar, mengingat mayoritas pembaca mengakses berita melalui perangkat mobile.
“Pastikan website cepat diakses dan memiliki desain responsif agar pembaca tidak beralih ke media lain,” tambahnya.
Sementara itu, Fadli Sofian menekankan pentingnya media sosial dalam meningkatkan jangkauan pembaca.
“Pembuatan konten yang menarik dalam lima detik pertama sangat penting agar pengguna tertarik dan bertahan lebih lama,” katanya.
Ia juga menyoroti bahwa platform seperti TikTok, Instagram, dan Twitter kini menjadi sumber informasi utama bagi masyarakat, sehingga media harus mampu bersaing dengan menyajikan konten yang menarik dan relevan.
Dengan pelatihan ini, diharapkan media lokal di Lampung dapat lebih berkembang dan bersaing di era digital dengan mengoptimalkan SEO serta strategi media sosial, ” pungkasnya. (*)