Kadis PMDT Zaidirina : Program Pelayanan Janji Kerja Gubernur Lampung Tersentuh di Hati Masyarakat

LAMPUNG, PAMUNGKAS INDONESIA.ID – Dimasa akhir jabatan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Banyak program pelayanan yang telah tersentuh di hati masyarakat. Program itu adalah elektronik Samsat desa (e-Samdes) dan Warung Sehat.

e-Samdes sendiri merupakan program pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang berkerjasama dengan Direktorat lalu lintas Polda Lampung, Bank Lampung dan PT jasa Raharja dalam mempermudah masyarakat untuk membayar pajak.

“Pemprov Lampung memberikan kepercayaan kepada Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) menjadi agen pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Program warung sehat melalui Bumdes dipercaya pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan penyediaan produk kesehatan bagi masyarakat diseluruh desa.

Atas program tersebut, Gubernur Lampung Arinal Junaidi memperoleh penghargaan lencana abdi ekonomi desa dari Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada peringatan hari desa di Kabupaten Bintan provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 2 Februari 2023 yang lalu.

“Penghargaan ini sebagai tanda komitmen dan kerja keras Pemprov Lampung melaksanakan inovasi pelayanan kepada masyarakat di desa, ” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) Provinsi Lampung Zaidirina, Rabu (8/5/2024)

Bukan sekedar penghargaan itu saja, melalui e-Samdes, kata Zaidirina, Pemprov Lampung meraih juara lomba desa dan kelurahan tingkat nasional regional Sumatera yakni juara 1 lomba kelurahan terbaik tingkat nasional regional Sumatera yang diwakili kelurahan Yosorejo Kecamatan Metro Timur, Kota metro. Kemudian juara 2 lomba desa tingkat nasional Sumatera yang diwakili desa Purwokerto kabupaten Lampung Tengah.

“Atas keberhasilan menjuarai lomba desa dan kelurahan tingkat nasional regional Sumatera. Gubernur Lampung juga meraih penghargaan Upakarya Wanua Nugraha

sebagai gubernur pembina desa dan kelurahan terbaik tingkat nasional. Penghargaan langsung diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito karnavian, ” terangnya

BACA JUGA:  PT. Grand Modern dan Pemprov Lampung Gelar Rapat Persiapan PRL

Lanjut Zaidirina, bertepatan dengan hari bakti transmigrasi ke-73 Gubernur Lampung mendapat piagam penghargaan bencana bakti transmigrasi sebagai kepala daerah penggerak pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi untuk penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh menteri desa pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi Republik Indonesia, ” tambahnya

Selain itu, kata Zaidirina, Pemprov Lampung juga membuka pelatihan Apatur Desa (Dasar) dalam peningkatan pelayanan di desa. Dengan adanya pelatihan tersebut, Gubernur Lampung meraih penghargaan provinsi pertama peserta pelatihan terbanyak dengan 99,58 persen.

“Oleh karena itu, Zaidirina berpesan bahwa Pemprov Lampung berharap dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa dapat memajukan desa dengan ide kreatif menuju desa berjaya, ” pintanya

Adapun program untuk mewujudkan salah satu janji kerja gubernur yang tak kalah penting yaitu Lampung mengaji. Gubernur Lampung Arinal Junaidi meresmikan masjid Baitul Mursalin yang dibangun olehnya di Tanjung Raja Sakti kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way kanan, ” tutupnya . (Bay/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *