Program Visi dan Misi Lampung Berjaya, BMBK Lampung Gerak Cepat Perbaiki Jalan Provinsi di 2024

BMBK Lampung saat terjun kelapangan dalam upaya perbaikan jalan Provinsi

LAMPUNG, PAMUNGKAS INDONESIA.ID – Dalam melakukan Visi dan Misi Program Lampung Berjaya yang digagas Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung gerak cepat.

BMBK Lampung memastikan tujuh ruas jalan rusak yang akan segera ditenderkan, setelah menentukan spot perbaikan penyebab kerusakan jalan di wilayah Pesawaran dan Pringsewu.

Perbaikan tersebut guna mendukung akses menuju wisata Pesisir Pesawaran, Kiluan, Wisata Gigi Hiu Kelumbayan Tanggamus, dan Pringsewu di sektor distribusi yang berdampak pada ekonomi masyarakat setempat.

” Jadi ruas jalan Lempasing – Padangcermin yang berada di depan Kafe woods, Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran ini dilaksanakan Dinas BMBK Provinsi Lampung dari APBD Provinsi Tahun 2024,” ujar Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung M. Taufiqullah Saat turun langsung bersama tim PPK Koridor, dan UPTD 1 Dinas BMBK.

Ia juga menyebutkan, peninjauan dan pengecekan ini dilakukan bersama tim PPK Koridor dan UPTD 1 Dinas BMBK Provinsi Lampung untuk perencanaan yang sebentar lagi akan dilelang untuk memperbaiki ruas jalan tersebut.

” Jadi penyebab kerusakan jalan itu harus ditangani, tidak hanya jalan saja yang diperbaiki tapi aliran air (drainase,red) juga akan diperluas, termasuk dimensi gorong-gorong yang ada akan diperlebar,” jelas Taufiqullah usai meninjau penyebab kerusakan jalan tersebut.

Lebih dari itu Taufiqullah menegaskan, penyebab kerusakan jalan itu akibat air meluap ke jalan karena perubahan jaman padatnya penduduk sehingga drainase yang ada sudah tak tertampung lagi dan menyempit.

” Begitu juga gorong-gorong yang ada kecil termakan usia yang dibuat pada jaman dahulu, ketika di musim hujan air yang ada di drainase meluap ke jalan. Jadi itu harus benahi dan diperlebar disesuaikan dengan zaman yang akan kita bangun,” jelasnya.

BACA JUGA:  Meski Viral Soal Jalan Rusak, Ternyata Bukan Lampung, Ini Data Kondisi Jalan Rusak Berat di Sumatera

Disisi lain, Kadis BMBK menambahkan, perbaikan jalan rusak akan dilakukan pada ruas jalan Jatiringin (kelumbayan), Tanggamus – Umbul Kluwih, Wayratai Kabupaten Pesawaran.

”  Itu pelaksanaan melalui anggaran Inpres Jalan Daerah (IJD) Tahun 2024, begitu juga jembatan Kotajawa Kecamatan Punduh Pedada, yang berlobang pasti diperbaiki merupakan ruas jalan Padangcermin-Kiluan,” pungkasnya.

Salah satu Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Pesawaran, Kades Gebang Anik Rekayani mewakili Camat Teluk Pandan Edy Sutrisno menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Bapak Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dan Bapak Kepala Dinas BMBK Provinsi Lampung M. Taufiqullah.

” Serta Bapak Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona. Alhamdulillah jalan tersebut segera diperbaiki, juga drainasenya akan diperluas menjadi cantik tentunya kami menyambut baik dan siap menjaga kondusif dalam pelaksanaan kegiatannya,” ucapnya.   Karena itu, tambah Kades, mengingat akses jalan tersebut merupakan konektivitas jalan daerah khususnya wilayah pesisir Pesawaran, dan Tanggamus, yang dapat memberikan dampak ekonomi masyarakat.

” Terutama di sektor distribusi sebagai daya dukung menuju wisata pesisir, dan akses menuju kawasan Mako Lanal Lampung, dan Mako Brigif 4 Marinir/BS,” tandasnya.    Pantauan di lapangan, Dinas BMBK Provinsi Lampung sebelumnya melakukan pengecekan dan peninjauan penyebab kerusakan di wilayah koridor 2 di Jalan  RE. Martadinata Telukbetung Bandar Lampung.
Kemudian di ruas jalan di pintu masuk kawasan wisata Pesawaran, Desa Sukajaya Lempasing, berlanjut di depan Kafe Woods, Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan, dan ruas jalan Padangcermin – Kedondong, Kabupaten Pesawaran.   Selanjutnya, pengecekan jalan rusak juga dilakukan di wilayah koridor 1 pada ruas jalan Kedondong – Pardasuka, dan ruas jalan Pringsewu – Pardasuka, maupun ruas jalan Kalirejo – Pringsewu, serta ruas jalan Gedong Tataan – Kedondong. (Bay/*)

BACA JUGA:  Anggota DPRD Lampung Sosperda di Bandarlampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *