Bupati Purworejo Hadiri Sedekah Sungai di Playground Jogokali

“Sungai merupakan sumberdaya yang sangat penting bagi kehidupan manusia”

PAMUNGKASINDONESIA.ID, LAMPUNG – Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menghadiri acara halal bihalal dan sedekah sungai yang diinisiasi oleh Jogokali Nusantara dan Bakorda FKBN Purworejo, di Playground Jogokali Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Purworejo, Sabtu (06/05/2023).

Tampak hadir Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama SSTP MM, Kepala Dinporapar Stefanus Aan Isa Nugroho SSTP Msi, Kepala Dinkominfostasandi Yudhie Agung Prihatno SSTP MM, Danyon 412 Purworejo Letkol Inf Budi Sanjaya Galih, tamu kehormatan dr HM Bima Arrynugrah MARS, Kabag Prokopim Triwahyuni Wulansari AP MAP, Kepala Bakorda FKBN Purworejo Ginanjar Duta Pamungkas, Forkopimcam Purworejo, dan sejumlah komunitas.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi kegiatan Sedekah Sungai dalam bentuk tebar benih ikan dan penanaman pohon. “Ini merupakan bentuk kepedulian terhadap kelestarian kawasan sungai, sekaligus untuk mengedukasi masyarakat agar berperan aktif dalam menjaga sungai-sungai kita, ” ungkapnya.

Bupati menambahkan sungai merupakan sumberdaya yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sungai merupakan aliran air di permukaan besar dan berbentuk memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu menuju hilir.

“Sungai menjadi wadah penyalur dari mata air, penampung air hujan sekaligus pengendali banjir, yang sangat penting sebagai sumber air baku untuk air minum, irigasi, transportasi bahkan pariwisata,” tandasnya.

Pada kesempatan ini dr Bima yang merupakan putra Bupati Agus Bastian didapuk oleh kalangan komunitas untuk menjadi Ketua Jogokali. Hal itu dilakukan secara spontan oleh Forum Komunitas Pecinta Lingkungan Hidup dan Sungai Purworejo.

Acara Sedekah Sungai ditandai dengan pelepasan bibit ikan di sungai Bogowonto dan penanaman pohon enau. Karena letak lokasi yang berjauhan, Bupati dan rombongan mengendarai jip, sekaligus untuk mencoba secara langsung jalur offroad yang ada di area Playground Jogokali.

Saat ditemui awak media, Bupati Agus Bastian mengatakan pemerintah selalu mendukung pariwisata untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Purworejo.

” Saya sungguh mengapresiasi warga masyarakat Purworejo untuk menumbuh kembangkan pariwisata di Purworejo apapun itu. Saya melihat ini adalah wisata edukasi dan adventure, yang menumbuhkan cinta kepada alam, karena disini diajari bagaimana menanam pohon, ” ungkapnya

BACA JUGA:  Jelang Nataru 2022-2023, Pemkab Purworejo Monitoring Bapokting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *