Kendaraan Pemudik Arus Balik Padati JTTS dan Pelabuhan Bakauheni

Pemudik arus balik padati Pelabuhan Bakauheni

“Tercatat sebanyak 8.427 kendaraan yang keluar dari JTTS Lampung via Exit Tol Bakauheni Selatan”

PAMUNGKAS INDONESIA, LAMPUNG -MERAK – Kendaraan pemudik arus balik Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah di Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan padati dermaga.

Dari pantauan media Pamungkas Indonesia (PI) nampak kendaraan roda empat maupun roda dua sudah memadati pelabuhan, Jum’at (6/5/2022) sore hari.

Dari awal arus mudik lebaran hingga balik terpantau kendaraan cukup padat. Hingga mengantri tiket berjam-jam. Ini merupakan sejarah besar mudik lebaran membludak tahun ini, dari pada tahun-tahun sebelumnya.

Sementara, PT Hutama Karya (HK) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Lampung mencatat terjadi peningkatan volume kendaraan yang meninggalkan Pulau Sumatera melalui JTTS Via GT Bakauheni Selatan. Tercatat sebanyak 8.427 kendaraan yang keluar dari JTTS Lampung via Exit Tol Bakauheni Selatan pada Rabu (4/5/2022) pukul 24.00 WIB, yang peningkatannya sebesar 65 persen jika dibandingkan dengan total lalin pada periode normal.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji, mengatakan bahwa walau waktu libur masih cukup panjang, namun Dwi mengimbau kepada pemudik agar dapat kembali lebih awal untuk menghindari puncak arus balik dan terjadinya penumpukan kendaraan yang menyebabkan kemacetan.

“Sesuai pesan Presiden, kami juga memprediksi puncak arus balik akan jatuh pada tanggal 7-8 Mei 2022. Oleh karena itu agar para pemudik dapat cermat mengatur waktu kepulangan sebelum puncak arus balik atau setelahnya,” ujar Dwi.

Sebelumnya, Polda Lampung mengantisipasi penumpukan kendaraan arus balik menuju Pelabuhan Bakauheni dengan memfungsikan jalur alternatif di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung.

“Kita memfasilitasi pemudik di masa arus balik, kalau kepadatan tinggi di Pelabuhan Bakauheni ,” kata Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno kepada pers di Pelabuhan Bakauheni, Selasa (3/5/2022) kemarin.

Menurutnya, pemudik akan diparkirkan di  Rest Area 87 Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). “Pemudik kumpulkan di situ, lalu keluar dari Gerbang Tol Lematang dan dikawal ke Pelabuhan Panjang menuju Pelabuhan Merak,” kata Hendro. (PI/Red)

BACA JUGA:  KPK Himbau DPRD Tidak Meminta "Uang Jasa" Kepada Kepala Daerah dan OPD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *