Wakil Presiden Ma’ruf Amin Memberikan Penghargaan Kepada Lima Gubernur dan Bupati Dari Kementan RI

“ketangguhan sektor pertanian dimasa krisis seperti ini, tidak dapat dilepaskan dari kerja keras dan sinergi para insan pertanian serta komitmen kuat dari pemerintah daerah”

PAMUNGKAS INDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin memberikan penghargaan kepada lima Provinsi dan lima Kabupaten untuk Kategori Provinsi dan Kabupaten dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020. Dan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi Periode Januari 2020 sampai Juni 2021, di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Senin (13/9/2021).

Penghargaan ini berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor : 465 / Kpts / KP. 590 / M / 08 / 2021 tentang Pemberian Penghargaan Bidang Pertanian Tahun 2021.

Saat pemberian penghargaan tersebut langsung di hadiri Gubernur dan Bupati oleh Wapres dan didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Wakil Presiden, Ma’ruf Amin mengucapkan selamat kepada para Gubernur dan Bupati yang daerahnya terpilih untuk mendapatkan penghargaan bidang pertanian tahun 2021.

“Anda telah bekerja keras dan menginspirasi kepala daerah yang lain untuk meningkatkan pembangunan sektor pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Ma’ruf Amin

Ia mengatakan ketangguhan sektor pertanian dimasa krisis seperti ini, tidak dapat dilepaskan dari kerja keras dan sinergi para insan pertanian serta komitmen kuat dari pemerintah daerah.

Roda pembangunan pertanian nasional tidak akan bisa digerakan tanpa adanya kerjasama, kerja bersama yang integratif dan kolaboratif antara pemerintah pusat dan daerah.

Wakil Presiden Ma’ruf
Amin foto bersama dengan Lima Gubernur dan Bupati di di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta Pusat, Senin (13/9/2021).

“Atas dasar sinergi antara pemerintah pusat dan daerah itu, performa sektor pertanian selama pandemi telah menjadi andalan dalam proses pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Oleh karenanya,menurut Ma’ruf Amin pentingnya bagi pemerintah pusat untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten.

Apresiasi ini karena telah berkontribusi dan berprestasi dalam rangka meningkatkan produksi pangan, dan ekspor pertanian yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

“Penghargaan bidang pertanian ini diberikan khusus kepada kepala daerah yang telah menciptakan terobosan dan inovasi serta berhasil secara nyata mendorong daerahnya dalam memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan pertanian nasional,” ujarnya.

Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas kinerja Pemerintah Daerah yang telah berkontribusi dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia dan meningkatkan ekspor produk pertanian.

Penghargaan ini juga sebagai rangkaian peringatan Hari Tani Nasional Tahun 2021 yang jatuh pada tanggal 24 September 2021 mendatang, “tutup Ma’ruf Amin. (Red/PI)

 

Berikut penghargaan 5 Provinsi dan 5 Kabupaten

1. Kategori Provinsi dan Kabupaten dengan Peningkatan Produksi Padi Tertinggi Tahun 2019-2020 Provinsi :

Provinsi :

Peringkat I Provinsi Lampung
Peringkat II Jawa Timur
Peringkat III Provinsi Banten
Peringkat IV Provinsi Sumatera Selatan Peringkat V Provinsi Jambi

Kabupaten :
Peringkat I Kabupaten Cilacap
Peringkat II Kabupaten Brebes
Peringkat III Kabupaten Ngawi
Peringkat IV Kabupaten Ogan Komering Ulu
Peringkat V Kabupaten Gresik

Kabupaten Cilacap Kabupaten Brebes Kabupaten Ngawi Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur Kabupaten Gresik

2. Kategori Provinsi dan Kabupaten dengan Nilai Ekspor Komoditas Pertanian Tertinggi Periode Januari 2020 sampai dengan Juni 2021

Provinsi :

Peringkat I Provinsi Jawa Tengah
Peringkat II Provinsi Kalimantan Timur
Peringkat III Provinsi Jambi
Peringkat IV Provinsi Kalimantan Barat Peringkat V Provinsi Sulawesi Utara

Kabupaten :

Peringkat I Kabupaten Kota Baru
Peringkat II Kabupaten Deli Serdang
Peringkat II Kabupaten Kotawaringin Barat
Peringkat IV Kabupaten Semarang Peringkat V Kabupaten Bintan

 

BACA JUGA:  Kapolda Lampung Irjen Hendro Sugiatno Digeser ke Kemenhub¬† Penggantinya Akhmad Wiyagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *