Diusulkan DPRD, Adi Erlansyah, Zaidirina, dan Sulpakar Berpeluang Besar Jadi Pj. Bupati Kembali

“Tidak ada aturan soal Pj. Bupati di isi pejabat yang pensiun”

PAMUNGKAS INDONESIA.ID, LAMPUNG – Akhir Masa Jabatan (AMJ) Pj. Bupati Pringsewu, Mesuji dan Tulangbawang Barat (Tubaba) pada Bulan Mei 2023 akan berakhir.

Polemik siapa akan melanjutkan masa jabatan Pj. Bupati akhir-akhir ini banyak menjadi sorotan. Terutama Pj. Bupati Pringsewu dan Tubaba.

Kalau sekilas kita melihat selama Pj. Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah dan Pj. Bupati Tubaba, Zaidirina saat menjabat sejauh ini kedua kabupaten tersebut tidak ada permasalahan.

“Apalagi DPRD kedua kabupaten ingin mengusulkan kembali keduanya menjadi Pj. Bupati, ” ujar Pengamat Kebijakan Publik Universitas Lampung (Unila) Dr. Dedy Hermawan, Senin (10/4/2023).

Menurutnya, polemik mengenai akan pensiunnya Adi Erlansyah sebagai Kepala Dinas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung per 1 April 2024 bukan masalah besar. Tidak ada aturan soal Pj. Bupati di isi pejabat yang pensiun. Sah-sah saja kalau Pak Adi Erlansyah diusulkan kembali menjadi Pj. Bupati Pringsewu.

“Jika kita mengacuh pada Pj. Gubernur Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin sudah memasuki masa pensiun pada bulan 31 Maret 2023 dan digantikan oleh Suganda Pandapotan Pasaribu. Artinya seandainya Adi Erlansyah kembali ditunjuk jadi Pj. Bupati Pringsewu, maka memasuki masa pensiun apakah diusulkan kembali atau di gantikan Plt. Sekda, ” kata dia

Sementara, Pj. Bupati Tubaba Zaidirina yang saat ini menjabat Kepala Dinas PMDT Lampung masih dipercaya dan diusulkan oleh DPRD. Maka ada kemungkinan akan dijabat beliau (Zaidirina) kembali.

“Terkait Budi Darmawan juga diusulkan Pj. Tubaba. ” Saya liat peluang beliau (Budi) jauh dari harapan, karena sempat di tolak oleh Kemendagri, ” ungkapnya.

Sedangkan untuk Pj. Bupati Mesuji. DPRD masih mengusulkan Sulpakar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung. Dibilang calon tunggal.

Terpisah, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Binarti Bintang belum bisa dimintai keterangan terkait AMJ Pj. Bupati tiga kabupaten. Apakah akan diusulkan kembali tiga nama oleh Gubernur Lampung. (Bay)

BACA JUGA:  Dua Hari Lagi AMJ Tiga Bupati di Lampung Akan Berakhir, Firsada Jabat Pj. Bupati Tubaba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *